Jumat, 17 Juni 2011

Bersama Ariel, Cut Tari dan Luna Maya,Ayo mengajarkan Relasi dan Fungsi,...


Pada silabus matematika untuk sekolah Menengah Kejuruan Teknik kelas XI semester ganjil terdapat Standart kompetensi Fungsi.
Sempat mampir di salah satu blog seorang guru matematika tentang trik mengajar materi fungsi dengan metode unik, "menggunakan gosip paling hot seputar selebritis", kebetulan saat itu sedang panas-panasnya gosip video mesum ariel dan para aktris cantik. Maka terancanglah sebuah ide mengajar dengan urutan:
1. Memancing pengetahuan siswa tentang reasi
2. Menjelaskan definisi relasi dalam matematika
3. Memberikan contoh dengan menggunakan diagram panah himpunan A yang beranggotakan Luna Maya, Cut Tari, Agnes Monika, BCL, Julia Perez, Dewi Persik, Aura Kasih dan Omas. ( Sengaja saya sebutkan artis cantik. Murid privat saya laki-laki)
Kemudian Himpunan B beranggotakan nama teman murid saya den teman laki-lakinya (saya suruh dia sebutkan beberapa nama temannya).
Berikutnya saya tarik panah dari artis-artis dari himpunan A ke siswa-siswa anggota himp B. (dia lumayan merespon rupanya, Alhamdulillah)
Berikutnya saya tanyakan padanya, hubungan atau relasi apa yang mungkin dari kedua himpunan tersebut??
Ia sempat menduga kalau saya akan bilang kalau anggota A adalah kekasih anggota B (hehehehe... apa mungkin??)
Saya luruskan menjadi, A adalah artis idola dari B.
4. Berikutnya saya jelaskan tentang domain, kodomain dan range.
5. Berikutnya dengan masih mencomot nama-nama artis perempuan lagi saya menyebutkan anggota Domain, misalnya Luna Maya,Cut Tari, Aura Kasih, BCL, dst
6. Berikutnya saya mencomot nama artis laki-laki untuk anggota kodomain, misalnya Ariel, Asraf, Pasya Ungu.
7. saya menghubungkan domain dan kodomain dengan aturan A adalah kekasih dari B. saya buat tiap anggota A punya pasangan di B dan hanya memiliki 1 pasangan di B
8. Dari situ saya jelaskan perbedaan antara Relasi dan fungsi dengan menggunakan jembatan keledai.
Ciri-ciri fungsi adalah :
- tidak ada anggota Domain yang menjomblo
- tidak ada anggota domain yang selingkuh
- perkara ada anggota kodomain yang menjomblo ataupun selingkuh, itu tidak masalah.
Ternyata berteman dengan Luna Maya, Ariel dan cut Tari pada pembelajaran Relasi dan fungsi ini terbukti efektif melekatkan konsep pada peserta didik saya.
Tulisan seorang guru matematika itu benar-benar menginspirasi, salut sama guru yang punya ide itu,... Ada lagi yang ingin mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar