Kamis, 16 Juni 2011

ilmuwan


semua orang pasti tahu benda tersebut. yups, gambar diatas adalah kalkulator.
kalkulator sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tapi tahukah anda siapa yang telah berjasa menemukan kalkulator?
orang yang menemukan kalkulator ialah Blaise Pascal

berikut ini adalah profil Blaise Pascal

     Blaise Pascal lahir pada tahun 1623 di Kota Clermont, Prancis . Ia anak dari seorang ilmuwan dan matematikawan, Etienne Pascal. Ibunya, Antoinette Bigure, meninggal saat umur Pascal berumur  4 tahun, tak lama setelah memberinya seorang adik perempuan, Jacqueline. Kedua saudara perempuan ini memberi pengaruh besar pada kehidupan Pascal
      Di usia 13 tahun, dia menemukan rumus segi tiga Pascal. lalu, ditahun 1642, saat Pascal berusia 18 tahun, Ia menemukan alat penghitung kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator), atau Pascaline. Alat ini, ia ciptakan untuk membantu ayahnya menghitung penerimaan pajak. Mesin penghitung bilangan ini mampu melakukan operasi tambah, kurang, dan pembagian.

     Hasil karya Pascal menjadi buah bibir dan menciptakan sensasi. Pascal dengan penuh gairah menjelaskan di depan orang-orang terpandang dan para matematikawan. Sayang, pemerintah bersikap dingin dan Pascaline tidak layak diproduksi secara massal karena biaya produksinya terlalu tinggi. Kemudian, dia memasang paten mesin ini setelah seorang tukang jam mencoba meniru dan menjual mesin hitung tiruan.
     Meski berotak cerdas, sejak lahir Pascal memiliki fisik lemah dan mudah terserang penyakit. Tanggal 19 Agustus 1662, dini hari, Pascal meninggal setelah lama tidak sadarkan diri. Penyebab kematiannya tidak diketahui dengan jelas. Beberapa orang menyebut karena TBC, sementara yang lain menyebut karena keracunan logam atau terkena dyspepsia yang melemahkan fungsi otak.

http://newsdotcom.wordpress.com/2007/10/08/blaise-pascal-1623-1662/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar